Sebab-sebab berat badan bayi rendah

Bila kenaikan berat badannya kurang dari 1 kg per bulan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan yang ahli. Faktor risiko lain adalah suku, ras, etnik tertentu seperti ras kulit hitam, ibu dengan perawakan kecil juga berperan di sini.

Lakukan minimal sebanyak 90 tablet. Untuk BBLB ada beberapa risiko yang mesti diwaspadai, berikut di antaranya: Jika mengalami kekurangan nutrisi saat kehamilan, ini dapat menyebabkan berat lahir rendah. Berat lahir rendah tidak hanya mempengaruhi kondisi bayi saat dilahirkan tetapi juga kesehatan bahkan kelangsungan hidup bayi.

Dengan demikian diharapkan kondisi bayi lahir dengan berat badan rendah bisa dihindari. Asupan gizi yang berlebih bisa mengakibatkan bayi lahir dengan berat di atas rata-rata normal.

Berikut beberapa masalah kesehatan ibu yang dapat menyebabkan bayi berat lahir rendah: BBLR sangat mungkin terjadi bila bayi lahir sebelum waktunya atau umur kelahiran belum mencapai 9 bulan. Berat badan ibu bayi saat sedang hamil Peningkatan asupan untuk memenuhi kebutuhan bayi pasti akan berdampak pada kenaikan berat badan saat kehamilan.

6 Penyebab Berat Lahir Rendah pada Bayi

Klik untuk berbagi di BBM Membuka di jendela yang baru Berat lahir bayi mencerminkan hasil perkembangan dalam kandungan dan kecukupan nutrisi bayi saat dilahirkan. Maka, bayi akan dikatakan memiliki berat lahir rendah atau BBLR, jika memiliki berat badan kurang dari 2, gram 2,5 kg.

Kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7,5 kg sampai 10 kg. Riwayat keguguran dan melahirkan BBLR menjadi salah satu masalah yang menyebabkan keguguran, sebab saat tubuh tidak dapat mempertahankan kandungan, mereka dengan usia lebih dari 30 tahun pun biasanya memiliki risiko lebih tinggi, untuk memiliki kandungan yang cenderung lemah, sehingga berisiko melahirkan prematur dan BBLR.

Selain itu, adanya kelainan kongenital atau kromo-som juga berhubungan erat dengan terjadinya BBLR. Menghadapi kakak beradik yang sering kali bertengkar bisa menimbulkan tantangan tersendiri bagi orangtua.

Konsumsi alkohol sebanyak 20 gram saja dapat menyebabkan janin mengalami hambatan perkembangan dan bernapas. Dampaknya, dapat menghilangkan nafsu makan dan kelelahan yang konstan pada ibu hamil. Ada baiknya Ibu yang sudah terdeteksi akan memiliki bayi kembar meningkatkan kecukupan asupan dan meningkatkan berat badan berkisar antara 14 kg hingga 23 kg agar dapat mengurangi risiko melahirkan bayi kembar dengan berat lahir rendah.

Paparan alkohol dan asap rokok saat hamil pasif pun aktifkonsumsi keduanya menyebabkan racun masuk ke aliran darah ibu hamil dan dapat merusak plasenta, sehingga dapat merusak sumber nutrisi bagi bayi dalam kandungan.

Berbagai faktor ini dapat berkontribusi terhadap berat badan rendah pada bayi. Jarak waktu melahirkan anak Jika waktu kehamilan terlalu berdekatan dengan waktu melahirkan anak sebelumnya maka kemungkinan tubuh ibu bayi belum menyimpan nutrisi yang cukup untuk kehamilan selanjutnya.

Faktor risiko medis meliputi kehamilan multipel yang disebabkan teknik bayi tabung hingga menghasilkan bayi kembar lebih dari dua, jarak kehamilan yang terlalu pendek dari kehamilan sebelumnya, tidak optimalnya kenaikan berat badan ibu, hipertensihipotensi, pendarahan pada trimester pertama atau kedua, adanya bakteri dalam urin, atau cairan ketuban yang terlalu banyak atau sedikit.

Berat Badan Ibu saat Hamil Peningkatan asupan untuk memenuhi kebutuhan bayi, akan berdampak pada kenaikan berat badan saat kehamilan.

Kalaupun ingin dilahirkan secara spontan memiliki risiko waktu persalinan yang semakin lama atau terjadinya kemacetan saat melahirkan bahu bayi. Faktor risiko demografik bisa dipengaruhi oleh usia ibu yang terlalu muda yakni kurang dari 16 tahun atau usianya terlalu tua, lebih dari 35 tahun.

Ia telah berpraktik selama hampir 10 tahun dan banyak menangani kasus pernikahan, keluarga, persiapan menikah, dan kasus depresi serta gangguan emosi lainnya.

Pregnancy blues, hal ini disebabkan oleh gangguan hormonal yang menyebabkan kesedihan secara terus-menerus selama hamil. Dan yang tidak kalah penting, jika anda sedang hamil jangan sampai lalai memeriksakan kehamilan secara rutin.

Melahirkan bayi kembar Dengan adanya lebih dari satu bayi dalam kandungan, maka tubuh akan berusaha lebih keras untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Beberapa klasifikasi lain untuk berat lahir rendah adalah: Dan, berikut beberapa masalah kesehatan ibu yang dapat menyebabkan berat lahir rendah pada bayi: Konsumsi alkohol sebanyak 20 gram saja dapat menyebabkan janin mengalami hambatan perkembangan serta pernapasan.

Melalui pemeriksaan ini dapat diketahui, apakah si ibu berisiko terkena diabetes atau tidak. Status sosio-ekonomik yang rendah Mereka dengan status sosio-ekonomik rendah biasanya kurang mendapatkan asupan nutrisi semasa kehamilan, pemeriksaan kehamilan yang kurang, dan juga komplikasi semasa hamil.

Tweet Title: Binky Paramitha I. Sebagai seorang psikolog pendidikan, Agstried memiliki minat yang besar terhadap pola pengasuhan pada usia dini dan kaitannya terhadap keberhasilan anak di kehidupan. Penelitian di India juga menemukan, bahwa Ibu yang melahirkan BBLR cenderung memiliki interval kelahiran yang lebih singkat.

Selain itu, dipengaruhi pula tingkat pendidikan yang rendah serta kondisi sosio-ekonomi yang menjadi salah satu tolak ukur penentu status gizi anak.

Pada umumnya, bayi yang dilahirkan prematur atau kurang dari 37 minggu usia kandungan memiliki berat lahir yang lebih rendah dari bayi normal.

Beberapa penyebab bayi mengalami kondisi lahir dengan berat badan rendah seperti yang terjadi pada bayi Nikita Mirzani adalah: Bayi baru lahir ditimbang segera setelah badannya dikeringkan dari air ketuban atau paling lambat sampai bayi berumur 1 hari. Seperti makanan yang manis-manis, berlemak, goreng-gorengan dan yang mengandung kolesterol tinggi.Bayi yang terlahir dengan berat badan lahir rendah punya potensi mengalami beragam masalah kesehatan ke depannya.

Penyebab Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Karena itu, sangat penting untuk mencegah terjadinya hal ini. Saat sedang hamil, seorang ibu harus mendapatkan gizi yang seimbang dengan cara mengonsumsi makanan dengan variasi yang beragam. · Berat badan bayi dikatakan kurang atau rendah ketika memiliki berat kurang dari 2,5 kilogram.

Hal ini sering terjadi pada bayi yang lahir prematur atau Author: Info Sehat. Bayi dikatakan memiliki berat lahir rendah atau BBLR apabila memiliki berat badan kurang dari gr (2,5 kg).

Beberapa klasifikasi lain untuk berat lahir rendah adalah: berat lahir sangat rendah jika di bawah 1,5 kg, dan berat lahir rendah ekstrem jika di bawah 1 kg.

Penyebab Berat Badan Lahir Rendah Pada Bayi

Berat badan bayi dikatakan kurang atau rendah ketika memiliki berat kurang dari 2,5 kilogram. Hal ini sering terjadi pada bayi yang lahir prematur atau sebelum memasuki usia kehamilan 37 minggu.

Tanda khusus bayi Anda memiliki berat badan lahir rendah adalah terlihat kurus, memiliki sedikit lemak tubuh, dan ukuran kepala yang besar dan tidak proporsional. Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

Idealnya, berat bayi yang baru lahir adalah 2,5 – 4 kg. Artinya, bayi yang kurang dari 2,5 kg ( gram) dapat dikategorikan menjadi bayi berat lahir rendah (BBLR).Author: @Kumparanmom.

Sebab-sebab berat badan bayi rendah
Rated 4/5 based on 65 review