Makalah diet pada lansia pdf

Anatomi dan Fisiologi Jantung Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusiajantung adalah sebuah organ berotot dengan empat ruangan yang terletak di rongga dadadi lindungi tulang iga, sedikit kesebelah kiri sternum. Perubahan daya tahan tubuh Pada usia lanjut terjadi penurunan daya tahan tubuh, antara lain karena lemahnya fungsi limfosit B dan T Subowo, ; Roosdjojo dkk,sehingga penderita rentan terhadap kuman-kuman pathogen virus, protozoa, bakteri atau jamur Haryanto clan Nelwan,Didalam buku R.

Gambar 1. Sebagian penderita diabetes tipe II mengalami pemulihan kadar glukosa darah mendekati normal hanya dengan intervensi diet karena adanya peran faktor kegemukan. Kesukaran dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari Pelupa Tidak mengenal dimensi waktu, misalnya tidur di ruang makan Cepat marah dan sulit di atur.

Bunyi jantung secara tradisional digambarkan sebagai lup-dup dan dapat didengar melalui stetoskop.

makalah gizi lansia

Aktivitas listrik menjalar ke ventrikel yang mulai berkontraksi. Ventrikel berdinding tebal. Kondisi iatrogenik dapat terjadi pada lansia yang mendapat diet lambung untuk jangka waktu lama, hingga terjadi kekurangan vitamin C.

Pada usia lanjut terjadi gangguan pengaturan ventilasi paru, akibat adanya penurunan kepekaan kemoreseptor perifer, kemoreseptor sentral ataupun pusat-pusat pernafasan di medulla oblongata dan pons terhadap rangsangan berupa penurunan Pa02, peninggian PaCO2, perubahan pH darah arteri dan sebagainya Bahar, Perubahan respons terhadap obat Pada orang usia lanjut, bisa terjadi bahwa penggunaan obat-ohat tertentu akan nemnemberikansan respons atau perubahan pada paru dan saluran nafas, yang mungkin perubahan-perubahan tadi tidak terjadi pada usia muda.

Sebaliknya, bila terlalu sedikit, maka cadangan energi tubuh akan digunakan, sehingga tubuh akan menjadi kurus. Jika tekanan darah menurun, akan terjadi suatu refleks peningkatan frekuensi jantung untuk mempertahankan tekanan darah, pengaruh lain pada frekuensi jantung: Pada lansia konsumsi gula dibatasi karena: Demikian pula pasien lanjut usia yang dirawatdi bagian ICU beresiko lebih tinggi.

Diagnosis Diagnosis difokuskan pada hal-hal berikut ini: Hormon pertumbuhan memiliki beberapa efek anti-insulin, misalnya perangsangan glikogenolisis penguraian glikogen dan penguraian jaringan lemak.

Oleh karena itu, seluruh pemberi layanan kesehatan perluh di siapkan untuk memberikan informasi yang akurat dan terbaru tentang nutrisi normal, demikian juga tentang kebutuhan nutrisi yang menyertai proses penyakit. Epinefrin adrenalin dan norepinefrin meningkatkan frekuensi jantung dan daya kontraksi sehingga curah jantung meningkat.

Pada usia lanjut terjadi penurunan Pa02 secara bertahap, yang penyebabnya terutama disebabkan deli adanya ketidakseimhangan ventilasi-perfusi Mangunegoro, Perubahan ststua gizi pada lansia disebabkan perubahan lingkungan maupun kondisi kesehatan.

Belum banyak dijumpai laporan para ahli tentang insidens PPOM orang usia lanjut. Oleh karena itu, pada lansia seringkali terlihat kurus. Pemeriksaan biofisik dilakuakan misalnya terhadap tulang untuk menilai derajat osteoporosis, jantung untuk kecurigaan beri-beri dan smear terhadap mukosa organ tertentu.B.

Gizi lansia 1.

Makalah Gizi Lansia

Kebutuhan Gizi pada Lansia Diet dan penuaan mempunyai peran besar dalam meningkatkan kualitas hidup dan proses penuaan. Pada percobaan tikus dengan pembatasan jumlah asupan kalori diet dapat memperpanjang usia hidup atau penyakit yang bersamaan dengan usia lanjut karena akan menurunkan produksi.

Bagi perawat harus memahami tentang aplikasi terapeutik pada lansia agar pemeriksaan pasien lansia di rumah sakit berjalan dengan lancar dan Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini sangat banyak sekali kesahalan.

besar harapan kami kepada para pembaca untuk bisa memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah ini. Berbagai penelitian menunjukan bahwa kepatuhan pada pengobatan penyakit yang bersifat kronis baik dari segi medis maupun nutrisi, pada umumnya rendah.

Dan penelitian terhadap penyandang diabetes mendapatkan 75 % diantaranya menyuntik insulin dengan cara yang tidak tepat, 58 % memakai dosis yang salah, dan 80 % tidak mengikuti diet yang tidak dianjurkan.(Endang Basuki dalam Sidartawan.

4/25/ · Diet tinggi serat sangat sesuai untuk para remaja yang sedang melakukan penurunan berat badan. Pada umumnya makanan yang serat tinggi mengandung sedikit energi, dengan demikian dapat membantu menurunkan berat badan, disamping itu serat dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga dapat menghindari ngemil makanan/kue-kue.

Jurnal Diabetes Melitus Pada Lansia Pdf – Diabetes (diabetes melitus) merupakan penyakit jangka panjang ataupun kronis yg ditandai oleh kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal.

Jurnal Diabetes Melitus Pada Lansia Pdf

Glukosa amat penting bagi kesehatan kamu dikarenakan merupakan sumber energi utama buat otak atau sel-sel yang membentuk otot serta jaringan di dalam tubuh anda. MAKALAH GERONTIK “PUSAT KEPERAWATAN LANSIA SEHARI-HARI” BAB I. · Pentingnya melakukan diet dengan menu seimbang degenerasi menyebabkan lansia rentan untuk terserang penyakit bahkan karena proses degenerasi yang terjadi mengantarkan lansia pada tahap kehidupan akhir yaitu menjelang kematian.

Pada kedua kondisi diatas tidak cukup.

Makalah diet pada lansia pdf
Rated 4/5 based on 66 review