Jurnal berat badan pedet lepas sapih

Sapi PO sangat cocok untuk tujuan penggemukan karena populasinya banyak dan tahan terhadap lingkungan serta tidak mudah terserang penyakit. Zat makanan atau makanan yang dapat dicerna pada saat pedet adalah: Bulu disekitar tanduk digunting bersih, dan cuci daerah tersebut dengan sabun, lalu keringkan dengan kapas bersih.

PERTUMBUHAN PRA SAPIH PEDET SAPI BALI DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL SAPI BALI

Over feeding akan memperlambat penyapihan dan akan mengurangi konsumsi bahan kering dan akan mengakibatkan diare. Diare Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Eschericia coli.

Menghentikan pemerahan menjelang induk melahirkan kembali disebut masa kering. Disarankan untuk mengatur pola makan heifers agar memiliki BCS 3,5. Ternak sapi perah yang terlambat menjadi bunting menyebabkan calving interval diperpanjang sehingga lama laktasi menjadi panjang karena induk sapi perah akan terus diperah selama belum terjadi kebuntingan.

Manajemen Pemberian Susu 4 hari — 12 minggu penyapihan - Pemberian susu pasca kolostrum dapat dimulai sejak pedet berumur 3 — 4 hari. Silent heat dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan pada hewan betina dimana hewan betina tersebut tidak menunjukkan gejala birahi tetapi proses ovulasi tetap terjadi aktivitas siklus ovarium tetap normal Anonim c, Komposisi Pakan Komposisi pakan adalah persentase dari beberapa jenis bahan pakan penyusun ransum yang diberikan pada seekor ternak sapi guna memenuhi kebutuhannya baik untuk hidup pokok maupun produksi.

Sistem Perkawinan Sapi Perah Dara Perkawinan adalah suatu usaha untuk memasukan sperma ke dalam alat kelamin betina. Sapi dara siap dikawinkan pada umur 24 bulan, dan ditempatkan di kandang bibit. Selain itu pedet dapat mulai mengenal pakan yang dikonsumsi induk yang kelak akan menjadi pakan hariannya pedet tersebut setelah lepas sapih.

Fungsi pakan antara lain: Untuk melindungi diri, kenakan sarung tangan ketika mengoleskan bahan kimia tersebut. Pemberian makanan formula calf starter dan hijauan kering kualitas tinggi yang diberikan lebih awal, perkembangan daya ruminasia akan lebih cepat, karena makanan padat terlebih dahulu akan masuk ke rumen dan merangsang perkembangan rumen.

Namun pada penyapihan dini, pedet disapih pada umur bulan. Ia mampu memanfaatkan lemak terutama lemak jenuh seperti lemak susu, lemak hewan, namun kurang dapat memanfaatkan lemak tak jenuh misalnya minyak jagung atau kedelai. Hal ini sesuai dengan pendapat Nasirinyang menyatakan faktor yang mempengaruhi rendahnya presentase keberhasilan IB antara lain: Kesalahan dalam penanganan dan pemeliharaan pada pedet muda dengan umur minggu dapat menyebabkan pedet mati lemas saat lahir, lemah, infeksi dan sulit dibesarkan.

Sample darah yang diambil dibawa ke Bogor untuk diteliti, tetapi sebelum di kirim ke Bogor terlebih dahulu dilakukan pengambilan serum yang nantinya akan di teliti Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan cara vaksinasi atau penyemprotan disinfektan untuk kandang yang kosong sebelum sapi yang baru didatangkan ditempatkan dikandang tersebut.

Konsumsi PK yang tinggi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jenis bahan pakan khususnya bahan penyusun konsentrat. Namun sayang tingginya permintaan tersebut belum dapat terpenuhi karena produksi belum mencukupi.

Sutardi, T. Menurut Siregar pemberian pakan yang baik diberikan dengan perbandingan Selanjutnya satu hari diperah dan hari berikutnya tidak diperah.

Cara Merawat Pedet (Anak Sapi) Setelah Disapih sampai Umur 12 Bulan

Menurut Davies pertumbuhan positif mempunyai kesamaan dengan fase pertumbuhan cepat yang terjadi pada ternak sebelum dewasa kelamin dan pertumbuhan negatif terjadi setelah pertumbuhan lambat.(Biological test feed intake, population rumen bacteria and ph pellet complete calf starter friesian holstein on pre weaning calf) ABSTRACT.

The study aims to assess the quality o.

Manajemen pemeliharaan anak pedet, sapi remaja dan dewasa

· Penimbangan bertujuan untuk mengetahui berat badan induk dan pedet. pedet agar tidak gampang terserang penyakit. Pedet dikandangkan bersama induknya sampai mencampai umur bulan dimana pedet sudah lepas sapih, Author: NOVA.

Cara Perawatan Sapi Pedet

· Selain itu pedet dapat mulai mengenal pakan yang dikonsumsi induk yang kelak akan menjadi pakan hariannya pedet tersebut setelah lepas sapih. perawatan susu diberikan oleh peternak sesuai dengan umur dan berat badan. · Tidak mempunyai sejarah terkena penyakit berat Bobot badan sudah mencapai kurang lebih 60 kg; Kandang yang diperlukan untuk pedet lepas sapih berupa kandang sistem kelompok di dalam kandang koloni.

Nutrisi yang baik saat pedet akan memberikan nilai positif saat lepas sapih, diberikan oleh petugas sesuai dengan umur dan berat badan. a. berkisar 8 – 10 % bobot badan pedet. Misalnya pedet. · 2. buatlah pedoman pemberian susu dan pakan pedet hingga lepas sapih! 3. Jelaskan hal-hal yang perlu doperhatikan pada saat memberi pakan hijauan pada pedet dan (berat badan pedet) 6.

Zat makanan yang dapat dicerna sapi.

Jurnal berat badan pedet lepas sapih
Rated 5/5 based on 62 review