Hubungan obesitas dengan usia menarche

Kurus tersebut sudah dapat dinyatakan Kurus reliabel. Penurunan usia menarche akan menyebabkan peningkatan resiko terjadinya kelainan kardiovaskular Lakshman,kanker ovarium dan kanker payudara Susan, dan peningkatan gejala depresif Joinson, Bagi peneliti lainnya Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan pengetahuan dan informasi serta pengembangan bagi penelitian selanjutnya dengan variabel yangberbeda sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Antropometri telah lama dikenal sebagai indikator untuk penilaian status gizi perorangan maupun masyarakat Table 2.

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE

Usia menarche yang terjadi Metode pendekatan waktu yang terlalu lambat maupun terlalu cepat digunakan adalah cross sectional, berdampak buruk bagi kesehatan. Prinsip Gizi Pada Hyperemesis 1.

Paath, dkk, Agar dapat mengetahui definisi gizi. Kelompok remaja: Ada diteliti pada penelitian ini seperti hubungan status gizi dengan usia faktor hubungan obesitas dengan usia menarche, lingkungan, social menarche siswi kelas VII SMP ekonomi dan aktifitas fisik.

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN USIA MENARCHE PADA

Zat-zat nutrien dibagi dalam dua golongan besar yakni makro nutrien zat gizi makro dan mikro nutrien zat gizi mikro. Saran Bagi Karen, E, dkk. Rahmat Nurul Yuda Putra Email: Hubungan antra usia menarche sesama saudara kandung lebih erat dari pada antara ibu dan anak perempuannya.

Keunggulan antropometri gizi sebagai metode penilaian status gizi Supariasa dkk, yaitu: Faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan seksual sekunder untuk hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hypothalamus, pituitary, dan ovarium.

Selain itu, IMT adalah murah dan mudah untuk melakukan metode penyaringan untuk kategori berat tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan CDC, Tetapi ada juga yang mengalami menstruasi lebih awal usia 8 tahun atau lebih lambat yaitu pada usia 18 tahun.

Latar Belakang Masa remaja adalah periode yang paling rawan dalam perkembangan hidup seorang manusia setelah ia mampu bertahan hidup, dimana secara fisik ia akan mengalami perubahan fisik yang spesifik dan secara psikologis akan mulai mencari identitas diri.

Sedangkan yang tidak diambil oleh sel hati terus mengalir di dalam salurandarah untuk kemudian diambil oleh sel-sel di dalam jaringan terutama sel-sel lemak di tempat penimbunan.

IMT rendah menunjukkan tidak terpenuhinya nutrisi yang dapat mempengaruhi kecepatan tumbuh—kembang anak. Data analysis was performed with the Kendall Tau test statistic.

Metodologi Rogol, A. Perkembangan kognitif berdasarkan tahapan perkembangan remaja diantaranya sebagai berikut: The results of this study was the average BMI Pada kelompok-kelompok umur tersebut berada pada suatu siklus pertumbuhan atau perkembangan yang memerlukan zat-zat gizi dalam jumlah yang lebih besar dari kelompok umur yang lain.

Variabel status gizi di dapat karakteristik umur responden dari pengukuran berat badan dan penelitian ini dapat dilihat pada tinggi badan siswa. Haid atau menstruasi, merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Di Indonesia, remaja usia tahun. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan tentang hubungan obesitas terhadap usia menarche pada siswi kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Kuis Kabupaten DeliSerdang dengan jumlah responden sebanyak 32 orang yang dilaksanakan dari tanggal 7- 8 Meimaka penulis dapat membuat kesimpulan sebagai berikut: FSH, LH, dan estrogen bersama-sama akan terlibat dalam siklus menstruasi dan sekaligus mempersiapkan rahim agar siap untuk mengandung atau hamil Waryana Sehingga dengan perbaikan gizi atau asupan gizi yang baik dapat menyebabkan umur haid pertama menjadi lebih dini Depkes RI Alat ukur yang gambar berikut: Latar Belakang Para remaja, baik itu perempuan maupun laki-laki keduanya tentu akan melalui fase pubertas, yaitu perubahan-perubahan pada tubuh dan hormonal sebagai tanda kematangan fisik.

Hipotesis Berdasarkan kerangka konsep di atas, dapat dirumuskan hipotesis penelitian adalah ada hubungan bermakna antara obesitas dengan usia menarche pada siswi kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Kuis.

Penelitian yang telah ada menemukan penurunan usia menarche yang diiringi oleh peningkatan Indeks Massa Tubuh IMT yang terjadi dalam 25 tahun terakhir.Ditemukan adanya hubungan antara IMT dengan usia menarche dengan nilai p=0, (p0,05) dan r=-0, Kesimpulan studi ini ialah semakin tinggi IMT, maka semakin cepat terjadi menarche.

Kata kunci: IMT, usia menarche, menarche. B. Hubungan Status Gizi dengan Menarche Menarche adalah haid yang pertama terjadi, yang merupakan ciri khas kedewasaan seorang wanita yang sehat dan tidak hamil.

Status gizi remaja wanita sangat mempengaruhi terjadinya menarhe baik dari faktor usia terjadinya menarhe, adanya keluhan-keluhan selama menarhe maupun lamanya hari menarhe. Dengan diit yang adekuat maka status gizi remaja putri akan baik. Pada remaja putri dengan status gizi baik, maka akan tercapai derajat kesehatan maksimal, fungsi hormon estrogen dan progesteron maksimal, terhindar dari pre menstrual syndrom, dan terhindar dari keluhan festival-decazeville.com: Sumarno festival-decazeville.com sudah mengalami menarche dengan rata-rata usia menarche adalah 12,74±1,19 tahun.

Ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan status menarche dengan nilai OR 1, Kesimpulan: Tidak ada variabel confounder dalam hubungan antara status gizi dengan status menarche. Hasil penelitian menunjukkan Rata – rata Usia Siswi MIN Rejoso adalah 11 Tahun, Rata – rata tinggi badan Siswi MIN Rejoso adalah meter, Berat badan Rata – rata Siswi MIN Rejoso kg.

Rata – rata IMT kg/m² dan Rata– rata menarche Siswi MIN Rejoso Usia 11 –12 tahun dengan taraf р= 0, Simpulan: ada hubungan antara status gizi dengan menarche pada anak. Sehingga. Hasil uji statistik hubungan Status Gizi Sangat kurus Kurus Normal Gemuk status gizi dengan usia menarche Usia Menarche diperoleh hasil -0, yang artinya Cepat 0 1 14 0 ada hubungan negatif antara status gizi dengan usia menarche siswi.

Normal 13 44 27 3 Semakin baik status gizi maka Lambat 0 0 0 0 semakin cepat usia menarche dan Jumlah 13 45 41 3 semakin buruk status gizi .

Hubungan obesitas dengan usia menarche
Rated 3/5 based on 58 review